Surabaya

Komunitas Anak Muda

Mengenlkan beberapa komunitas besar yang ada di Surabaya-kota pahlawan
Berikut kami tampilkan beberapa komunitas yang digemari anak-anak muda kota Surabaya di bidang seni, olahraga, sastra dan lain-lain.
Mari bergabung bersama kami, lakukan kegiatan yang positif. Feel free to join :)

Komunitas Olahraga


IndoRunners Surabaya

Kegiatan TuNR

Lari saat ini bukan hanya sekedar sebagai olah raga dan hobby, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi sebagian masyarakat yang ada di perkotaan. Bagi Anda warga Surabaya yang suka lari atau ingin tahu manfaat dari olahraga yang satu ini, Anda bisa bergabung dalam komunitas Indo Runners Surabaya. Komunitas ini adalah bagian dari Indo Runners pusat di Jakarta, merupakan komunitas lari terbesar di Indonesia yang terbuka bagi siapa saja, guna memberi kesempatan bagi para anggotanya untuk melakukan kegiatan olahraga lari bersama secara rutin, atau pada acara tertentu. Indo Runners Surabaya dibentuk pada tanggal 29 April 2012, pada saat itu anggotanya hanya 3 orang, tapi seiring berjalannya waktu saat ini anggotanya sudah berjumlah 130 orang.

Indo Runners Surabaya memiliki jadwal rutin berkumpul dan melakukan kegiatan lari bersama 3 kali dalam seminggu, yaitu pada malam Rabu dan malam Jumat pukul 20.00 WIB di parkir timur Delta Plaza, serta jam 6 pagi di jalan Raya Darmo, pada area Car free Day (CFD). Selain melaksanakan kegiatan lari bersama, saat berkumpul biasanya mereka sharing masalah seputar dunia lari dan perlengkapannya, event-event yang akan mereka ikuti dan laksanakan, hingga nonton bareng video atau film-film yang ada hubungannya dengan dunia lari. Anggota Indo Runners Surabaya terdiri dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari mereka yang duduk di bangku SMP hingga mereka yang sudah berusia sekitar 50 tahun, juga aktif dalam komunitas ini.

Menurut Reza Ferdian, Pengurus indo Runners Surabaya, jadwal malam dipilih untuk berkumpul agar bisa memfasilitasi mereka yang bekerja di pagi hari, supaya bisa meyalurkan hobi mereka berlari di malam harinya, setelah pulang dari bekerja. Sebelum melakukan kegiatan bersama, dilakukan pemanasan terlebih dahulu, dan setelah lari dilaksanakan juga diadakan sesi pendinginan. Jarak tempuh yang diambil saat malam hari kurang lebih 5 Km, berlari di seputaran kota Surabaya, dengan mengambil start dan finish di parkir timur Delta Plaza. Sedangkan untuk hari minggu, jarak tempuh disesuaikan dengan kemampuan si pelari dengan rute yang berbeda-beda, ada yang 5 Km hingga 20 Km, dengan mengambil start dan finish di Jalan Raya Darmo.

Komunitas ini juga sering mengadakan kegiatan bakti sosial, bahkan selalu turut serta dalam event nasional yang bertajuk LUAS (Lari Untuk Amal & Sosial), dimana setiap kilometer jarak yang ditempuh oleh pelari dinilai secara uang oleh pihak sponsor, dan uang yang terkumpul digunakan untuk bantuan sosial. Selain membuat tubuh sehat, berlari juga mengajarkan kita meninggalkan kebiasaan buruk untuk beralih kepada pola hidup sehat. Kedepan Reza berharap banyak orang-orang diluar IndoRunners yang suka lari dan event-event lari di Surabaya, yang bisa menjadi agenda tahunan. Jalur pedestrian bisa lebih bagus lagi, sehingga nyaman dan aman dijadikan lintasan untuk berlari. Jika Anda tertarik untuk berlari, Anda bisa bergabung dengan komunitas ini.


Freeletics Surabaya

Kegiatan Sweat Camp

SURABAYA - Bukan cuma makanan yang punya menu-menu lezat. Freeletics, olahraga yang mencampur berbagai gerak dasar dengan intensitas tinggi, pun punya urutan sajian. Menunya "sehat dan lezat" untuk membentuk tubuh ideal dan memangkas lemak. Pada tiap latihannya, beberapa menu plus jumlah repetisi gerakan telah tertera. Jadi, tiap anggota tinggal melaksanakan tugas. Bak sebuah misi, metode itu kian memacu semangat anggota, mulai yang beginner hingga advance. Tiap misi mencakup high intension workout (gerakan latihan intensitas tinggi) dan training plans (rencana latihan). Itu pun masih dipadu dengan gerakan kombinasi. "Kami selalu pakai menu. Jadi, tiap latihan gerakannya beda-beda," kata pendiri Komunitas Freeletics Surabaya, Marvin Sapulete.

Menu itu, antara lain, gerakan jumping jack, push-up, leg lever, burpees, dan squat. Kemarin gerak-gerak itu dipraktikkan dalam areal car free day di Jalan Raya Darmo. Tiap-tiap gerakan juga sudah diatur sesuai jumlah repetisi. Jadi, setiap anggota tinggal melakukan gerakan sebanyak yang tertera pada daftar menu. Memang, pada latihan kemarin, repetisinya hanya 10 hingga 25 kali. Sebab, mereka yang hadir adalah beginner yang mengikuti kelas sweat camp. Terjemahan bebasnya, cari keringat. Untuk yang sudah mahir atau tingkat advance, repetisinya bisa sampai ratusan kali.

Ya, itulah yang spesial dari olahraga yang juga disebut free athlete itu. Tiap gerakan bisa diulang hingga ratusan kali dalam waktu singkat. "Namanya high intension. Jadi, gerakannya jelas dan dalam waktu singkat. Bakar lemak banget itu," jelas Marvin yang membangun komunitas tersebut pada Juli lalu. Salah satu gerakan yang menantang dan totally different adalah burpees. Ini adalah kombinasi gerakan dasar olahraga, namun dilakukan dengan cepat dan tepat. Yakni, dengan mengambil posisi awal squat, bertumpu pada kedua tangan atau kick feet back. Setelah itu posisi push-up dan ulangi dengan squat. Terakhir, berdiri sambil melompat. Gerakan itu diulang sesuai dengan repetisi yang tertera dalam menu. Dia mengatakan, itu adalah gerakan paling favorit sekaligus menantang bagi anggota komunitas. "Gerakan ini juga dibenci soalnya bikin capek, hehe," kata alumnus Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga pada 2005 itu. Namun, dampaknya sangat besar terlihat. Paduan gerak burpees melatih whole body, mulai lengan, dada, core (perut), hingga kaki. Di samping itu, pengaturan napas yang baik juga jadi poin utama olahraga yang dikembangkan dokter Amerika untuk melatih performance para tentara tersebut. "Rasanya udah ngelewatin batas dan menuju level tertinggi" tutur pria yang akrab disapa Moxxie tersebut.

Manfaat olahraga itu juga begitu dirasakan Krishna Ramadia. Bentuk tubuh ideal berotot tanpa lemak tak lagi jadi mimpi. Dulu bobotnya bisa mencapai 90 kilogram. Padahal, berbagai olahraga sudah diikuti. "Mulai lari, gym, pakai beban, tapi toh enggak turun. Sekarang beratku udah 75 kilo," ungkap pegawai salah satu perusahaan swasta itu. Bahkan, berkat kesuksesannya, dia berhasil mengajak beberapa teman kantor untuk mengikuti freeletics. Meski harus berkeringat dan risiko njarem bagi pemula, pagi kemarin mereka bersemangat untuk melibas tiap menu yang tersaji.


Airlangga Calisthenic

Foto bersama setelah latihan

Airlangga Calisthenics Street Workout Community, komunitas bodyweight workout yg dilakukan di luar ruangan (taman, fasilitas publik), FREE joining group. Body building with bodyweight, memaksimalkan berat badan untuk membentuk badan, memadukan unsur athletics, calisthenics, dan sport yang dilakukan di luar ruangan seperti taman atau fasilitas lain. Inilah workout yg tidak banyak memakan biaya (hanya uang parkir) tapi mendapatkan hasil yg maksimal.

JADWAL WORKOUT AIRLANGGA CALISTHENIC SENIN, JUMAT: 19.00 - 21.00 (Taman Prestasi) RABU, SABTU : 15.30 - SELESAI (KONI Kertajaya) MINGGU : 07.00 - SELESAI KONI Kertajaya

NB: LAP. KONI JATIM JALAN KERTAJAYA INDAH TIMUR (SEBELUM WALL CLIMBING FPTI JATIM) Taman Prestasi di jalan Ketabang Kali

TERBUKA UNTUK UMUM SIAPA PUN BOLEH GABUNG SYARAT JOIN LATIAN : 1. BAWA DUIT BUAT PARKIR 2. BAWA MINUM 3. BAWA SEMANGAT SEBANYAK MUNGKIN BAGI YANG MAU GABUNG LANGSUNG KE LOKASI AJA ATAU HUBUNGI DIMAS : 085731096997

HEY HO CHAMPIONS!! WELCOME HOME WARRIORS!! KEEP SPIRIT AND HEALTHY


Komunitas Kesenian


KISMIS

Salah satu penampilan dari Kismis

Salah satu komunitas di wilayah Surabaya adalah KISMIS (Komunitas Seni & Musik Indie Surabaya). Komunitas yang satu ini terbentuk lantaran banyaknya musisi indie di wilayah Surabaya. Ketika banyak pihak mempertanyakan soal masa depan musik indie Surabaya, maka diadakanlah sebuah seminar musik pada 14 Mei 2011 oleh Mata Organizer dan InformasiKita.com.

Pada event ini dibicarakan soal organisasi atau komunitas yang bisa mewadahi musisi indie Surabaya. Akhirnya, terbentuklah KISMIS yang juga disepakati seluruh peserta seminar. Tujuan dari komunitas ini adalah membentuk pelaku-pelaku industri musik yang berwawasan dan punya masa depan cerah. Sekaligus, harus memiliki perilaku bermasyarakat yang baik.

KISMIS terus berjalan hingga sekarang untuk menjaga hubungan baik antar pelaku-pelaku musik indie Surabaya. Melalui komunitas ini pula para pelaku musik indie bisa saling belajar tentang berbagai hal seputar musik.


Indonesian Bass Family Chapter Surabaya

Kenyal IBF bersama bassist & bassbro

Indonesian Bass Family (IBF) merupakan wadah para bassist Surabaya, Indonesia lintas genre segala jenis musik. Tidak ada diskriminasi senioritas dan jago2an, yang penting "BASS" dan enjoy memainkannya.Dgn motto "BERSAMA DALAM PERBEDAAN". Mari berkembang bersama dan jalin silahturahmi basser2 Indonesia terutama di Surabaya. Twitter @IBFOfficial

Indonesian Bass Family Chapter Surabaya ini diketuai oleh Ipong dengan akun twitter @ipogbass. Komunitas ini biasa kumpul di Taman Pelangi setiap Rabu pukul 19.00. Member aktif sampai saat ini sebanyak 40 orang terdiri dari bassist dari berbagai genre musik, professional maupun baru belajar. Perlu diketahui bahwa IBF Surabaya pernah tampil dalam ajang pencarian bakat yaitu Indonesia Mencari Bakat di Trans TV.


Shuffle Dance Surabaya

Foto bersama setelah latihan

Sebuah komunitas modern dance di Surabaya. Dance yang dilakukan komunitas ini tidak hanya sekadar gerak badan, namun mereka megedepankan sisi atraktif dalam gerakannya. Setelah melihat mereka beraksi, image dance yang selalu dimiliki oleh wanita akan hilang karena gerakan mereka yang tegas.

JADWAL KUMPUL :

Setiap hari Sabtu jam 7 malam di trotoar kanan balai kota.


Komunitas Otomotif


Surabaya Ninja Club

Logo dari SNC

SNC HOKEE....... SNC adalah club motor ninja pertama dan tertua yang ada di Surabaya berdiri pada tangal 27 Juni 2002 Berawal dari kesamaan minat dan nasib tentang motor ninja maka didirikanlah SNC. Walaupun di tahun 2008 dan awal 2009 angin kencang menggoyang SNC namun akhirnya SNC bias berdiri tegak lagi. Bagi para pengendara dan penggemar ninja jika ingin bergabung silahkan saja gabung di club SNC kumpul tiap Sabtu malam pukul 22.00 wib di Jalan Basuki Rachmad depan gedung Bunas atau sebelum gedung MEX Surabaya satu lagi yang kita tekankan...di SNC kita tidak membedakan suku,ras, maupun agama jadi siapapun bisa bergabung di klub ini...just enjoyed

Contact person SNC joe rizal : 085733338880

harry : 08563246099

Dewa : 087756000018

Hanin : 031 70542121

Syamsul :085646119666

SNC HOKEE...........


Surabaya

Kota Pahlawan

Menu

Atribusi Sumber File

Icons made by Freepik from www.flaticon.com is licensed by CC BY 3.0

Lihat Profil
Albiyan Abdika